HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 34.205.93.2
Pengunjung : 377.526


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Artikel :



Batasi makanan manis pada anak


Selasa; 10 November 2015 [Admin, TK TARAKANITA 4 JAKARTA] - Artikel Umum

Sering kali anak yang rewel diberikan permen atau coklat. Orang tua menganggap permen atau coklat dapat membuat rewelnya berlalu. Anak-anak memang sangat senang sekali dengan makanan manis salah satunya adalah permen. Permen atau sejenis gula-gula yang mengandung kalori tinggi, umumnya bahan dasar permen yaitu gula, air dan sirup fruktosa. Kandungan yang terdapat di dalam permen dapat menimbulkan beberapa kondisi buruk pada kesehatan anak, sebenarnya tidak saja permen, coklat  akan tetapi makanan manis lainnya sebaiknya anda batasi pada anak anak.

Beberapa alasan untuk membatasi makanan manis seperti permen, coklat atau kue dengan pemanis buatan dikarenakan anak yang sering kali mengkonsumsi makanan tersebut memiliki perasaan kenyang sehingga menghambat makanan bergizi untuk pertumbuhannya. Bahkan penelitian menemukan kandungan gula yang terlalu banyak dikonsumsi oleh anak-anak akan meningkatkan resiko kepadatan tulang yang buruk, obesitas atau diabetes tipe 2. Selain itu kondisi yang sering kali dialami anak-anak adalah gigi berlubang sehingga menyebabkan anak-anak mengalami sakit gigi dan kurang nafsu makan.

Berikut adalah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk membatasi asupan makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih, yaitu :

1.  Kenali gula tambahan pada makanan anak

Sekitar 70 persen dari makanan yang ditujukan untuk anak-anak, sering kali dijumpai gula tambahan, sehingga anda harus sangat selektif dalam membaca label makanan. Daftar gula tambahan yang sering kali terdapat pada makanan anak adalah sirup jagung fruktosa tinggi, konsentrat jus buah, laktosa, maltose, sukrosa, glukosa, dekstrosa, tetes, Barley malt, Diastatic malt, etil maltol, maltodekstrin, madu. Meskipun tidak membahayakan akan tetapi sebaiknya anda memperhatikan kandungan gula tersebut agar prosentasenya tidak terlalu banyak dikonsumsi oleh anak anak.

2.  Memilih minuman sehat untuk anak

Selanjutnya adalah minuman manis yang sering kali dikonsumsi oleh anak-anak, sehingga menyumbang 10 sampai 15 persen dari kalori harian. Sehingga ketika anda akan memilih minuman yang manis sebaiknya anda memilih minuman sehat seperti susu. Susu yang berasal dari sapi atau susu kedelai sama-sama bagus. Hal yang perlu diingat hindari menambahkan gula pada minuman susu untuk anak.

3.  Membatasi jajanan permen atau coklat

Hindari untuk melarang mengkonsumsi permen atau coklat, karena akan membuat anak anda mencuri curi untuk mendapatkan makanan tersebut. Sebaiknya anda membatasi konsumsinya dengan hanya memberikan seminggu dua-tiga kali dengan jumlah yang terbatas. Jadi jangan menghalanginya sepenuhnya .

4.  Pilih makanan manis alami

Anda dapat memilih makanan yang manis alami, sehat untuk kesehatan anak. Pilihlah makanan penutup seperti irisan buah dengan yogurth, smothie buah atau jus buah-buahan dengan sedikit kandungan gula buatan sendiri. Dengan begitu anak anda akan mengurangi konsumsi makanan manis yang tidak sehat seperti permen atau coklat. 

5.  Hindari menghubungkan permen untuk kenyamanan anak

Ketika anak Anda marah atau rewel, sebaiknya anda tidak secara otomatis meraih permen favorit untuk menghiburnya. Hal ini bisa membuat hubungan yang tidak sehat antara emosi anak dan makanan tinggi kalori (seperti permen atau coklat) yang akhirnya dapat menyebabkan penambahan berat badan. Hal yang sama berlaku untuk memberikan hadiah atas kemampuan anak anda, sebaiknya menghindari memberikan permen, sebaiknya anda memilih makanan lain atau benda lain seperti mainan atau stiker.







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :